Home > Tidak terkategori > >mengisi waktu luang di liburan

>mengisi waktu luang di liburan

>GETASAN – Beristirahat dari rutinitas biasanya dapat dinikmati saat liburan. Bagi anak-anak, liburan dapat digunakan beristirahat sekaligus mengeksplorasi berbagai pengalaman baru. Liburan merupakan waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu yang berbeda dengan rutinitas sehari-hari.
Intinya, inilah waktu bagi anak merasakan pengalaman berbeda dan baru agar saat harus kembali ke sekolah, mereka telah segar kembali. “Liburan juga merupakan kesempatan bagi anak dan orangtua untuk menghabiskan waktu bersama melakukan hal-hal menyenangkan. Jangan biarkan anak hanya berkutat dengan video game atau sekadar berkunjung dari mal ke mal selama liburan ini,” ujar psikolog feri yulinanto.
Dia menambahkan, liburan sekolah dapat dimanfaatkan anak untuk mengembangkan minat dan hobi dengan teman atau anggota keluarga lainnya. Berikan kesempatan bagi anak untuk mengembangkan diri, termasuk dalam hal kepercayaan diri dan pengambilan keputusan ketika membuat rencana apa yang akan dilakukan selama liburan. Kemudian, anak-anak dapat diajak berdiskusi tentang pilihan aktivitas apa saja yang mungkin dilakukan dengan pertimbangan waktu dan biaya yang ada. Biarkan anak turut berpikir dan sumbang saran.
“Dengan begitu, mereka bisa sekaligus mengasah kreativitas dan imajinasi. Apa saja bisa dilakukan selama liburan asalkan ada manfaatnya sehingga waktu tidak terbuang percuma,” papar feri. Ada beberapa manfaat yang sebaiknya diperoleh selama liburan oleh anak-anak, yaitu menghilangkan kejenuhan, menjaga badan tetap bugar dan sehat, mengaktifkan pikiran, membangun kepercayaan diri, memperoleh teman baru (sosialisasi), serta belajar tentang kebersamaan dan kerja sama. “Namun, di sisi lain, mungkin ada juga orangtua yang kebingungan mencari kegiatan liburan bagi anak-anak mereka di tengah waktu dan biaya yang minim,” ujar feri.
Karena itu, perlu komunikasi dan kreativitas orangtua dan anak agar dapat mengisi liburan dengan berbagai kegiatan seru, tapi minim biaya. feri memberikan beberapa alternatif kegiatan yang dapat dicoba, antara lain membuat turnamen olahraga di lingkup keluarga, berpiknik, memasak, atau berkemah di halaman belakang rumah.
“Selain itu, kegiatan menyusun riwayat hidup dengan mengajak anak mengumpulkan foto-fotonya dari sewaktu bayi hingga sekarang dan susun dalam sebuah album dilengkapi cerita atau komentar singkat untuk setiap fotonya. Lakukan ini bersama sehingga akan menambah kedekatan antara orangtua dan anak,” tuturnya. Kegiatan lainnya seperti bermain air, berkunjung ke perkampungan dekat lingkungan rumah, berkreasi dengan barang bekas, mengajak teman menginap di rumah, atau menata ulang kamar juga dapat menjadi alternatif kegiatan liburan menarik. Veri juga mengusulkan beberapa kegiatan yang sarat pengetahuan selama liburan ini, seperti mengunjungi perpustakaan umum dan mengunjungi museum.
Kegiatan yang dapat mengajari anak tentang konsep uang dan belajar bekerja, seperti berjualan kecil-kecilan dan bekerja pada tetangga, tidak kalah seru sekaligus bermanfaat bagi anak. Untuk anak-anak penggemar automotif, maka musim liburan dapat diisi dengan belajar gokar di Speedy Karting, yang berlokasi di Sanggar Teras Pancoran. Usia anak untuk mulai mengendarai gokar dapat dilakukan saat berusia minimal tujuh tahun. Menurut Operation Manager Speedy Karting Amiauw, memang selama musim liburan terjadi peningkatan peminat gokar di tempatnya, yaitu sekitar 20 persen dari hari-hari biasanya. “Kami memang tidak membuat paket khusus liburan. Tapi, bagi anak-anak yang ingin kursus gokar dapat dilakukan untuk satu bulan sekira delapan kali pertemuan, dengan biaya sekira Rp500 ribu,” jelas Amiauw. Speedy Karting yang didirikan sejak 2001, menurut Amiauw awalnya ditujukan sebagai alternatif hiburan keluarga. Dia melihat semakin sedikit sarana hiburan yang interaktif, terutama untuk anak-anak dan remaja yang masih membutuhkan banyak stimulasi. sumber http://www.okezone.com

Categories: Tidak terkategori
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: