Home > liburan > >Ngisi apa ya liburan ?

>Ngisi apa ya liburan ?

>Waduh liburan ngapain y? itu yang biasa menjadi masalah bagi sebagian pelajar pada umumnya. Yah paling kegiatan rutinnnya nonton tv, main, dan tidur. Memang kegiatan yang begitu berarti bagi kita. Tapi kita juga bingung mau berbuat apa untuk mengisi waktu liburan itu?.

Beristirahat dari rutinitas biasanya dapat dinikmati saat liburan. Bagi anak-anak, liburan dapat digunakan beristirahat sekaligus mencoba berbagai pengalaman baru. Liburan merupakan waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu yang berbeda dengan rutinitas sehari-hari.
Intinya, inilah waktu bagi anak merasakan pengalaman berbeda dan baru agar saat harus kembali ke sekolah, mereka telah segar kembali. “Liburan juga merupakan kesempatan bagi anak dan orangtua untuk menghabiskan waktu bersama melakukan hal-hal menyenangkan. Jangan biarkan anak hanya berkutat dengan video game atau sekadar berkunjung dari mal ke mal selama liburan ini,” ujar para psikolog.
Dia menambahkan, liburan sekolah dapat dimanfaatkan anak untuk mengembangkan minat dan hobi dengan teman atau anggota keluarga lainnya. Berikan kesempatan bagi anak untuk mengembangkan diri, termasuk dalam hal kepercayaan diri dan pengambilan keputusan ketika membuat rencana apa yang akan dilakukan selama liburan. Kemudian, anak-anak dapat diajak berdiskusi tentang pilihan aktivitas apa saja yang mungkin dilakukan dengan pertimbangan waktu dan biaya yang ada. Biarkan anak turut berpikir dan sumbang saran.
Karena itu, perlu komunikasi dan kreativitas orangtua dan anak agar dapat mengisi liburan dengan berbagai kegiatan seru, tapi minim biaya. feri memberikan beberapa alternatif kegiatan yang dapat dicoba, antara lain membuat turnamen olahraga di lingkup keluarga, berpiknik, memasak, atau berkemah di halaman belakang rumah. Selain itu, kegiatan menyusun riwayat hidup dengan mengajak anak mengumpulkan foto-fotonya dari sewaktu bayi hingga sekarang dan susun dalam sebuah album dilengkapi cerita atau komentar singkat untuk setiap fotonya. Lakukan ini bersama sehingga akan menambah kedekatan antara orangtua dan anak. Kegiatan lainnya seperti bermain air, berkunjung ke perkampungan dekat lingkungan rumah, berkreasi dengan barang bekas, mengajak teman menginap di rumah, atau menata ulang kamar juga dapat menjadi alternatif kegiatan liburan menarik.

Kebetulan sekali pada liburan kali ini diadakan lomba blog, wah jadi ada pelampiasan nih. Waduh serem banget bahasanya. Nah mulai dari sekarang mari kita isi masa liburan ini dengan kegiatan yang positif sehingga bermanfaat dan berguna dalam setiap aspek diri kita. Otot dan otak harus seimbang, inilah yang akan membuat seorang menjadi pintar dan juga tentu saja sehat.

Selamat liburan y.

Categories: liburan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: