Home > pemintalan, tekstil > grading kapas

grading kapas

Kapas adalah salah satu komoditas alam yang mempunyai variasi bermacam-macam variasi tersebut didapat dari berbagai macam variable penentu pertumbuhan kapas, antara lain :

–       Varietas Tanaman

–       Kondisi Tanah

–       Curah Hujan

–       Cara pengairan

–       Pupuk

–       Kondisi alam

–       Suhu

–       Serangan hama dan penyakit

–       Lama musim tanamnya

–       Terlalu lama dibiarkan di alam terbuka pada saat panen

–       Cara-cara panenya

–       Proses ginningnya

Untuk mengetahui qualitas dari hasil komoditi kapas maka diperlukan cara/metode yang sesuai dengan tanaman tersebut, sehingga berfungsi untuk dunia industry pemintalan sebagai informasi penting untuk mengolah (blending) dan meng-optimalkan proses-proses lainya, Bagi Petani sendiri informasi tersebut berfungsi memprediksi hasil produksi dan memperbaiki sistem penanaman, bagi Ginner untuk mengetahui proses ginning yang terbaik dan bagi para pedagang dapat memisahkan lot-lot dengan qualitas tertentu sesuai dengan kebutuhan pasar.

Cotton cluster sebagai pelaku dari peng-klasifikasian kapas melakukan secara manual penggolongan kapas tersebut, meliputi 3 faktor :

–       Color

–       Leaf

–       Preparation

Dengan manual mengetahui staple length/ panjang serat kapas tersebut dengan cara menarik bagian dari kapas tersebut ‘pulling’.

Grade kapas pertama kali digunakan di Liverpool, sekitar tahun 1800, diperdagangkan secara luas hingga menyebar di Amerika. Penaman kapas di Amerika sendiri dipisahkan secara terpusat disesuaikan dengan variable penentu pertumbuhan kapas, sebagai contoh; Kapas Pima (long staple fiber) ditanam di daerah dengan kelembaban tinggi di South Carolina, Georgia dan Florida, sedangkan untuk kapas up land dihasilkan di pesisir timur (east coast), untuk memudahkan grading kapas yang varietasnya tersebar di pelosok Amerika, maka dalam hal ini USDA (departemen pertanian Amerika), menciptakan standarisasi agar lebih mudah mengolongkan jenis kapas tersebut. Standar baku USDA diperkenakan pada tahun 1909, yang pada akhirnya standar tersebut digunakan oleh para pedagang kapas-bursa kapas yang dikenal dengan nama US cotton future pada tahun 1915. Perkembangannya grade kapas tersebut digunakan oleh 9 negara penghasil dan 7 negara eropa, dengan dikeluarkanya Universal Standar pada tahun 1923-1924, dengan isi perjanjian sebagai berikut :

  1. Penggunaan standar warna
  2. Arbitrasi
  3. Persiapan dan pengirimanya

Konfrensi ‘Universal Standart’ ini dilaksanakan 3 tahun sekali dan dilaksanakan di Amerika.

Warna kapas bila disimpan, semakin lama akan semakin gelap. Standar penyimpanan kapas biasanya efektif 1 tahun, berlaku 1 Juli hingga 30 Juni pada tahun berikutnya, dengan penyimpanan pada suhu ruang tertentu (dingin dan kering), Sebagai fungsi control dari kapas maka pada masing Grade Box disimpan foto masing-masing grade dari kapas. Grade box adalah kotak standar kapas yang dikeluarkan USDA yang berfungsi sebagai standar pemandu bagi para praktisi, dengan berbagai macam jenis Grade Box, yang dikeluarkan USDA sesuai dari jenis varietas kapas. Grade box terdiri atas 6 sample kecil, tiap macam sample mewakili varietas jenis kapas, dengan posisi mengacu pada wilayah penanaman kapas di Amerika, berikut pembagian wilayah penanaman di Amerika :’

  1. Western               :           California, Arizona, New Mexico
  2. South Central     :           Arkansas, Louisiana, Missiouri, Missipi dan Tennesse.
  3. South Eastern    :           Alabama, Georgia, North Carolina dan South Carolina.
  4. South Western   :           Texas dan Oklahoma
Categories: pemintalan, tekstil
  1. anymous
    11 December 2012 at 12:39

    gan tau Cotton Sueded ga jelasin donk??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: