Home > teknologi, tekstil > Revolusi Tekstil

Revolusi Tekstil

Di Negara berkembang seperti Indonesia dunia pertekstilannya masih bersifat konvensional. Dalam artian pemanfaatannya masih terbatas dengan pembuatan sandang. Padahal seperti kita ketahui industry tekstil di sini berjumlah sangat besar karena industry ini mampu menghasilkan devisa yang sangat besar bagi Negara. Dan sebagian besar industry tekstil di Indonesia adalah pengolahan serat kapas,hampir 75%. Dan sisanya tetap terkonsentrasi pada pembuatan serat, kain, dan industry garmen.

Terbatasnya peralatan dan pengembangan ini mengakibatkan kurangnya inovasi yang dilakukan pada industry tekstil. Padahal di luar negeri sana industry tekstil berkembang dengan pesatnya sehingga tekstil bukan haya melulu berbicara pada sandang semata. Kita akan sedikit mengulas beberapa perbedaan kecil tentang penelitian orang Indonesia yang berkuliah di universitas luar negeri yang notabene negaranya lebih maju dibandingkan dengan Indonesia.

Hendra, S.ST., M.Tech (INDIA)

Penelitian yang dilakukan adalah dengan mengekplorasi serat rami agar serat ini mempunyai fungsionalitasya lebih dari sebatas kain. Serat rami ini telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mampu menggantikan kayu lapis yang selama ini kita gunakan. Jadi di masa depan, ketika manusia hendak membangun rumah, lantai kayu, body kendaraan, dan alat lainnya. Manusia tidak harus menggunakan kayu lapis, melainkan cukup digantikan oleh serat rami yang telah dimodifikasi. Selain manfaat biayanya lebih murah dan banyaknya bahan baku, dan juga bisa melakukan penyelamatan bumi ini dari ancaman global worming. Dengan berkurangnya penggunaan kayu lapis yang tergantikan oleh rami ini maka hutan kita tidak banyak ditebang dan kelestarian lingkungan tetap terjaga.

Gunawan, S.ST, M.Sc (jerman)

Beliau melakukan penelitian terhadap sifat kain yang disebut drapability.

Hasil penelitian yang beliau lakukan adalah hasil seratnya digunakan untuk komponen-komponen pesawat terbang, perahu, jembatan, mobil, dan bahkan untuk rancangan tembok bangunan. Sangat canggih dan sangat luas sekali definisi tekstil di Negara ini sehingga istilah tekstil tidak hanya sekedar baju.

Itu hanya sebagian kecil orang-orang Indonesia yang melakukan penelitiannya untuk mendapatkan gelar master di universitas luar negeri. Kita bisa melihat perbedaan definisi tekstil di Negara Indonesia

dibandingkan dengan Negara-negara yang lebih maju. Inovasi yang dilakukan sangatlah pesat sehingga implementasiaanya sangat luas.

Bisa dibayangkan jika riset-riset itu dilakukan oleh Indonesia dan dikembangkan di egara kita. Betapa hebatnya jika Indonesia mampu mengembangkannya. Dari segi manusianya sudah mampu, namun dari segi fasilitas yang mungkin perlu ditingkatkan. Perlu modernisasi peraltan pertekstilan kita dan pengembangan laboratorium. Jika kedua aspek ini sudah terpenuhi maka hanya tinggal menunggu waktu untuk melihat kemajuan industry tekstil kita. Buka mindset baru dan marilah berinovasi.

Semangat Generasi Muda !!!

Categories: teknologi, tekstil
  1. 18 September 2013 at 00:13

    Wonderful website. Plenty of helpful information here.
    I am sending it to some buddies ans also sharing in delicious.
    And obviously, thank you to your sweat!

  2. 5 September 2014 at 07:19

    The other day, while I was at work, my cousin stole my iPad and tested to see if it can survive a
    30 foot drop, just so she can be a youtube sensation. My iPad is now broken and she has
    83 views. I know this is totally off topic but I had to share it with someone!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: