Home > curhat, liburan, wisata > Jalan jalan ke wisata alam linggarjati kuningan

Jalan jalan ke wisata alam linggarjati kuningan

Aslkm, DSC_0924Lebaran iedul fitri kali ini memang strategis, lho ko bisa ? iya nih bisa karena jatuh di tengah pekan. Ya hari kamis tanggal 9 agustus 2013 tepatnya.  Jadi para pemudik masih punya waktu panjang untuk berada di kampung halaman. Ya termasuk saya dan teman-teman SMA saya. Awalnya ada jarkom kumpul di rumah jam 8, dan sayangnya banyak yang tidak bisa untuk kumpul di hari minggu. Ditunggu-tunggu hingga duhur yang datang ke rumah Cuma tiga orang. Haha seperti biasa personil tetap nih, wahyu, agus, maya, dan tentu tuan rumah yang kece ini (@fyulinanto). Kita berempat ini mempunyai tempat yang berbeda beda dalam perantauan selama kuliah, agus di undip semarang, wahyu di UNY Yogyakarta, maya di UNS solo, dan saya di STT Tekstil bandung. Kita berbincang-bincang seperti biasa, canda tawa pun tersaji dalam obrolan kami.

Diantara kami berempat, wahyu lah yang paling cepat harus kembali ke perantauannya di yogya. Karena dia mau cepet2 berangkat, dia yang paling ngebet mengajak kita untuk jalan-jalan. Ah kebiasaan, nagajak tapi g tau mau pergi kemana. Ini sudah biasa semenjak SMA ya kaya gini, haha kelamaan mikir. Okelah dari pada ga kemana-mana akhirnya kita memutuskan pergi ke wisata alamlinggarjati. Dengan menggunakan motor, tengah hari kita berangkat menuju linggarjati.

DSC_0916Taman Wisata Alam Linggarjati terletak di Desa Linggarjati Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan, secara astronomis terletak di antara 6 derajat 47°’ – 6 derajat 58° LS dan 108 derajat 30° – 108 derajat 30° BT (ngukur kali y a gue). Oh iya karena rumah saya di daerah getasan (cari aja di google) rute yang kita lewati yaitu sumber-plangon-mandirancan-linggarjati. Jalur ini bisa dicoba kalo motornya lagi fit aja, karena jalur ini banyak tanjakan curam, kelebihannya ya sepi, adem, pemandangan bagus. Ada jalur lain yaitu via sumber-kalitanjung-gronggong-beber-linggarjati, karena bertepatan dengan musim lebaran jalur ini padat oleh pemudik. Karena itu kita cari rute alternative via plangon, sekalian nengok saudara juga sih.haha  banyak monyet di sana.

Akhirnya touchdown juga nih di linggarjati, sejuk dan segerrrrrrr. Oh iya FYI nih Di samping panorama alam yang indah Taman Wisata Alam Linggarjati memiliki hawa yang sejuk dan segar. Tidak jauh dari lokasi TWA ini juga terdapat DSC_0922bangunan yang bernilai sejarah, yaitu gedung tempat berlangsungnya perjanjian Linggarjati antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Belanda yang mempunyai daya tarik tersendiri.

Karena kalo ke museum sudah pernah dan hari sudah mau sore kahirnya kita ke taman wisata alam saja, oke masuk dan ternyata wowwwww. Pengunjungnya membludak, ramai boss. Disambut panggung hiburan dangdut, ah barangkali pak guru wahyu tertarik joget kali ya. Haha tua tua keladi nih orang. Tiket masuk ya lumayan lah 18ribu/motor.

Sampai di sana kita bingung mau cari tepat dimana karena tiap sudut tempatnya penuh dengan pengunjung. Langsung ske tempat sepeda bebek air, hahaha ini kita ga inget umur malah pengen naik bebek-bebekan. Gapapa lah ya, ini special requested by wahyu. Kita antar dan sekaligus ikut. Tarifnya juga lumayan 15ribu/bebek 15 menit bisa dinaiki 2 orang. Jadi separuh separuh 7500/orang. Ya dari pada wahyu ga keturutan dan g bisa tidur nanti. Kita naik, antrinya lumayan lama nih karena banyak banget peminatnya. Giliran kita tiba, saya pilih bareng sama wahyu, agus sama maya aja ya. Haha dang owes pun dimulai, haha untung bareDSC_0919ng wahyu, ngegowessnya berimbang, agus selamat menikmati ya bareng maya. Haha puas gowess di air dan poto-poto akhirnya kita dipanggil waktunya usah habis, ya sudahlah yang penting puaaas dan mimpi kita meniki perahu bebek ini terpenuhi. Hiks hikss lebay ya.

Keluar dari bebek, kita cari tempat buat duduk di tempat yang adem dan banyak pohon, sewa tikar 5 ribu rupiah lumayaaaaan. Kita duduk, capek juga gowes bebek ternyata. Selonjoran dulu. Eh tiba-tiba wahyu bawa tahu gejrot. Wah ini makanan khas Cirebon. Ngiler juga nih saya, ikutan beli ah. Murah ko Cuma 5ribu bisa makan tahu gejrot yang legendaries itu. Mmm yummy. Ayo ayo cobain tahu gejrot, enak dan ma’nyus.

Dilanjut duduk dan poto-poto, ah dasar narsisco ramos ni orang-orang. Kerjaannya poto-poto mulu, sebenarnya kenyamanan agak terganggu, saking ramainya banyak sampah pula. ah ini masalah klasik bangsa ini, para pengunjung masih saja membuang sampah sembarangan, apalagi yang suka buang tisu. haduuuh sapa ya.  haha

Waktu sudah menunjukkan pukul 4 DSC_0934sore, saatnya kita pulaaaaang. Sudah capek, jalanan adem, banyak angin, pemandangan hija menghampar luas. Aaaah mantaaaaapp.

Kita pun berpisah dan berpamitan.. hehe sampai jumpa lagi liburan selanjutnya ya kawan. Sukses untuk semua, saatnya kembali ke rutinitas awal di kota perantauan masing-masing. See you, wassalam.