Home > Harapanku, Sosial, Tidak terkategori, umum > Membuat SIM Online

Membuat SIM Online

Assalamualaikum.

 

Ceritanya adalah pada saat saya membeli makan ke warteg..

Pada saat membayar, tak sengaja saya juga mengeluarkan SIM karena mencari cari uang yang nyelip nyelip di dompet. Ya maklumlah tanggal tua mas mbak.sim-online

sumber gambar 

Dan ketika saya melihat masa berlakunya, ternyata tinggal satu bulan lagi di tanggal 30 juli 2016. Kira kira saat itu saya ada di tanggal 28 juni 2016. waduuuuh.

Untunglah belum lewat masa berlaku pikirku. Setelah saat itu saya pun berfikir untuk pulang kampung. saya sudah sempat melihat lihat jadwal kereta api. Karena KTP saya KTP Cirebon sedangkan domisili pekerjaan saya sekarang berada di Surabaya. Waduh repot juga ya kalo harus pulang, belum lagi masalah ongkos dan jaraknya. Melihat kalenderpun ternyata tidak ada long weekend. Waduh piye iki sedangkan waktunya sudah mepeet.

Lantas saya mencoba mencari informasi di internet dan saya menemukan informasi ternyata kita dapat melakukan perpanjangan online. Wah Alhamdulillah. Saat itu saya membuat SIM di mobil SIM keliling daerah taman bungkul, Surabaya.

Berdasarkan Surat pembaruan dari Kakorlantas Polri bernomor ST/2652/XII/2015 berlaku mulai 1 Januari 2016, perpanjangan SIM dapat dilaksanakan sebelum habis masa berlakunya dengan tenggang waktu 14 hari sebelum tanggal habis masa berlaku. Sementara, untuk pemegang SIM yang masa berlakunya telah habis, dapat diperpanjang lagi tidak melebihi batas waktu 3 bulan sejak tanggal habis masa berlakunya. JIka lewat dari 3 bulan harus membuat seperti prosedur baru. wow repotnyaaaa kalo bikin baru.

Tempatnya bisa di satpas SIM atau gerai sim, sim keliling, atau sim corner, tergantung ketersediaan di kota anda.

Biaya perpanjangan sim berdasarkan poster di gerai sim yang saya catat adalah sebagai berikut :

  • SIM A: Rp80.000
  • SIM B1: Rp120.000
  • SIM B2: Rp80.000
  • SIM C: Rp75.000
  • SIM D: Rp30.000

Biaya tambahan:     Asuransi: Rp30.000

Total kira-kira 130 ribu (include SIM C, Surat Sehat (ini tergantung kebijakan daerah setempat (harganya maksudnya), parkir , dan jajan)

Berkas yang harus di bawa sebenarnya cukup 1 asli dan copian.

  1. E-KTP dan copynya (copy aja 5 biar aman)
  2. Sim Lama asli (dicopy juga boleh buat jaga-jaga)
  3.  Surat sehat (on the spot di tempat simnya, bisa berupa surat atau karcis thok (tergantung tempate, ngikut aja))

 

Prosesnya

Sama seperti perpanjang sim dengan cara manual, kita harus membawa persyaratan. Kita harus membawa potokopi e ktp, e-ktp asli, dan sim lama. Usahakan datang lebih pagi agar mendapat antrian lebih awal, ya kita tau sendiri pelayanan public di Indonesia pastilah ramai dan sesak, populasi penduduknya menuju setengah Milyar gitu looo. Setalah itu datanglah ke gerai sim, mengambil formulir (jangan lupa bawa bolpen). Setelah itu serahkan ke petugas guna pengecekan E-KTP kita. Oh ya jika kita sudah E-KTP, maka data kita sudah terekam di kemendagri (katanya) dan bisa dicek oleh pihak-pihak penyelenggara negara seperti sim, pajak, bpjs, dll. Jika anda belum E-KTP, menurut bapak polisi sih belum bisa membuat SIM Online.

Dan juga ada yang penting nih, kita bisa membuat SIM secara online jika Sistem Pembuatan SIM (saya lupa istilahnya) di kota asal kita sudah IT Integrated. Jika belum ya tidak bisa. Sebagai contoh, orang sidoarjo dan mojokerto saja tidak bisa membuat SIM di Surabaya padahal kotanya tetanggaan (saat itu). Saya dari Cirebon yang jaraknya sangat jauh ternyata bisa membuat SIM di Surabaya. Ya karena itu tadi, Di Cirebon sudah IT Integrated sedangkan sidoarjo dan mojokerto tidak bisa.

Jadi asal daerah juga berpengaruh ternyata ya, mayan lah bangga sama kota kelahiran. hehe.

Prosesnya relatif cepat, saya menghabiskan waktu 1,5 jam dari mulai datang, antri, dan menunggu SIM jadi. tapi ini kasuistik saja, kan bisa jadi tempat bapak/ibu lebih padat antriannya.

tahapan :

  1. Isi form
  2. Cek KTP dan SIM lama,  serahkan berkas.
  3. Membuat surat sehat (Cuma beli karcis thok, ga diperiksa betulan )
  4. Membayar biaya perpanjangan dan karcis sehat (tepatnya saya lupa, 100ribuan lebih dikit) rinciannya ada di atas ya.
  5. Pencatatan data dan foto
  6. Tara… SIM sudah jadi.

 

Alhamdulillah, sebuah kemajuan system di Indonesia. Semoga kemajuan kemajuan juga akan segera terealisasikan untuk pelayanan-pelayanan public laiannya. begini kan enak. mudah, cepat, efektif, dan efisien.

Aamiin.

hati riang, pulang ke rumah dengan senang..

 

 

wassalamualaikum

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: